PAN Masih Ingin Bentuk Poros Ketiga Pilpres 2019

Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengungkapkan niat koalisi dengan PAN. Soal koalisi dengan PKB, Sekjen PAN Eddy Soeparno menyebut mereka masih ingin menghadirkan poros tengah Pilpres 2019.

“Ya pertama dari dulu kan selalu kita tidak pernah menafikan kemungkinan terbentuknya poros ketiga ini dan dari dulu kan sudah beberapa waktu yang lalu,” ujar Eddy kepada wartawan, Sabtu (5/5/2018).

2e98d007-6bee-458d-8101-76d336e5cf59_169

Eddy mengatakan PAN, bersama Demokrat dan PKB sering bertemu. Pertemuan ketiga partai itu disebut Eddy membahas poros tengah dan tak pernah ada kata gagal.

“Pembicaraan itu tidak pernah ada kata akhir dalam arti tidak bisa dilanjutkan,” tegas Eddy.

Eddy menegaskan wacana poros ketiga Pilpres 2019 tak mati. Dia mengatakan komunikasi politik PAN-PKB dan Demokrat bertujuan mencari alternatif poros di luar yang sudah terbentuk.

Ada anggapan kalau PAN kembali menghidupkan wacana poros tengah karena Gerindra kemungkinan menarik kader PKS untuk dijadikan cawapres Prabowo Subianto. Eddy menepisnya.

“Ya nggak, alasannya bukan karena itu, pemicunya bukan itu. Kalau kita lihat 2-3 bulan lalu, pembicaraan poros ketiga diawali sebelum pembicaraan Gerindra-PKS akan meminta agar kadernya diambil sebagai cawapres. Jadi ini poros ketiga ini berawal dari pembicaraan yang jauh sebelum adanya pernyataan PKS cawapres Prabowo,” tutur Eddy.

Cak Imin mengatakan ada keinginan berkoalisi dengan PAN. Koalisi PKB-PAN itu disebut bisa terjadi lewat pola apa pun. Dia menyebut niat koalisi PKB dan PAN tak tergantung siapa capres yang diusung nanti. Menurutnya, PAN akan bersama PKB meski berada di pihak Jokowi atau pihak lain.

“Ya pasti, PAN yang sama-sama hari ini ingin bersama, apa pun polanya. Bersama Pak Jokowi atau tidak, PAN pengin bareng-bareng,” kata Cak Imin.

Sumber foto dan berita: https://news.detik.com/berita/4007029/pan-masih-ingin-bentuk-poros-ketiga-pilpres-2019

Advertisements